Jumat, 25 November 2011

HIndari 5 Pola Makan Tak Sehat

Makan, sama hal dengan aktivitas yang lain, tentu juga mempunyai aturan tersendiri. Mari kita intip, bagaimana sih pola makan yang tak sehat? Jangan-jangan selama ini yang kita lakukan juga kurang baik bagi kesehatan

1. Melewatkan sarapan
fungsinya tidak hanya sebatas menjaga agar lambung tidak kosong saja, melainkan juga untuk meningkatkan energi dan konsentrasi pada otak dan tubuh. Menyantap sarapan juga membantu Anda agar tidak makan terlampau banyak pada siang hari.

Yang harus dilakukan:
Makanan terbaik yang perlu disantap pada pagi hari adalah semangkuk bubur gandum dan segelas yogurt rendah lemak atau telur setengah matang ditambah roti dan buah segar.

2. Makan sebelum tidur
Akibatnya, esok hari Anda terbangun dengan tubuh lemas, lunglai dan tak bersemangat. Para ahli mengatakan bahwa menyantap makanan berlemak sebelum tidur dapat membuat kerja lambung menjadi lebih lambat sehingga makanan masih tetap tertinggal di lambung pada saat Anda tidur. Sedangkan menyantap makanan pedas sebelum tidur dapat membuat perut Anda serasa "terbakar" menjelang saat tidur.

Yang harus dilakukan:
Jika keinginan untuk ngemil tak tertahankan, boleh-boleh saja Anda ngemil makanan ringan seperti buah-buahan segar. Selain membuat tubuh sehat, Anda pun dapat tertidur dengan nyenyak

3. Makan sambil melakukan kegiatan lain
Makan sembari melakukan kegiatan lain, akan membuat Anda mengabaikan jumlah kalori yang Anda santap. Apalagi jika Anda ngemil snack favorit. Biasanya lebih sulit lagi menghentikan jumlah kalori yang terus masuk ke tubuh.

Yang harus dilakukan:
Cobalah untuk fokus pada hal yang Anda lakukan dalam suatu waktu. Hindari melangkah ke dapur ketika sedang menelepon. Demikian juga ketika Anda sedang makan, fokuskan diri hanya pada makanan Anda. Ingin ngemil sambil nonton TV? Kunyah saja permen karet.

4. Kurang minum air putih
Kurang minum air putih ternyata dapat membuat proses metabolisme tubuh terganggu, contohnya adalah tubuh membutuhkan air untuk membakar kalori, nah jika Anda kurang minum air putih, otomatis proses pembakaran tak berjalan lancar. Jadi jangan heran jika berat badan Anda tak kunjung turun walaupun sudah melakukan diet mati-matian.

Yang harus dilakukan:
Minum banyak air putih setiap hari. Para ahli menganjurkan minum air putih minimal 8-10 gelas perhari untuk menjaga kesehatan. Jika selama ini Anda senang minum soda, kopi atau minuman lain, alangkah baiknya jika Anda menyingkirkan semua itu dan menggantinya dengan minum air putih. Biasakan diri Anda meminum segelas air putih setelah bangun dari tidur.

5. Kurang menyantap sayur dan buah
Makanan dengan rasa sayur atau buah tidak dapat digolongkan dalam kategori sayur dan buah.
Para ahli menganjurkan Anda menyantap minimal 5 jenis buah atau sayuran per hari.

Yang harus dilakukan:
Jika Anda kurang suka menyantap buah dan sayur, mungkin Anda dapat membuatnya menjadi aneka jus yang menarik. Jangan lupa tubuh membutuhkan vitamin yang berasal dari sayuran dan buah-buahan, karena itu sayangilah tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar